Saturday, January 30, 2010

Teleskop Pemeta Angkasa Segera Diluncurkan

LOS ANGELES--MI: Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan meluncurkan teleskop luar angkasa terbarunya, Sky-Mapping WISE (Wide-Field Infrared Survey Explorer). WISE akan digunakan untuk memetakan angkasa dan seluruh objeknya seperti asteroid, komet, bintang, dan berbagai galaksi.


WISE akan diluncurkan pekan ini dari Pangkalan Angkatan Udara AS Vanderbeg di California menggunakan roket Delta-2. Misi tersebut menghabiskan dana US$320juta dan dipimpin oleh Jet Propulsion Laboratory NASA.

Misi WISE adalah menemukan jutaan benda-benda langit yang sulit untuk dideteksi sebelumnya. Dengan kata lain misi WISE adalah untuk sebaik mungkin memetakan angkasa, ujar salah satu pimpinan tim WISE yang berasal dari University of California, Edward Wright.

Ditambahkan Wright, NASA mengakui salah satu tujuan pemetaan angkasa tersebut adalah untuk mengetahui keberadaan benda-benda langit yang mengancam keselamatan bumi. Bila sesuai rencana, WISE akan mengorbit di ketinggian 325 mil di atas permukaan bumi. WISE diharapkan juga menghasilkan peta terdetail sepanjangan sejarah mengenai angkasa.

Prinsip kerjanya WISE adalah menangkap pancaran panas yang dipancarkan objek-objek langit menggunakan sensor infra-merahnya. WISE bahkan diklaim NASA dapat mendeteksi keberadaan benda-benda angkasa yang sudah tidak dapat dijangkau oleh teleskop konvensional.

Diperkirakan WISE membutuhkan enam bulan untuk meneliti dan memetakan angkasa. WISE akan mengorbit bumi 15 kali setiap harinya dan melakukan 7.500 pemotretan setiap harinya. (AP/Yahoo!/*/OL-06)

Sumber: Media Indonesia Online
http://www.mediaindonesia.com/read/2009/12/07/110030
/45/7/Teleskop-Pemeta-Angkasa-Segera-Diluncurkan

0 comments:

Bookmark and Share
Abi Template by Abi